2/20/10

Tips memilih hard disk untuk komputer digital recording


Performa dari hard disk, merupakan faktor terbesar yang berkaitan dengan keterbatasan komputer digital recording dalam proses perekaman digital audio. Salah satu dari spesifikasi hard disk yang berpengaruh pada komputer digital recording adalah ukuran kecepatan Average Access Time. Semakin banyak jumlah track audio yang direkam dalam sebuah project lagu, maka ukuran Avarage Acess Time dari hard disk yang digunakan harus semakin rendah. kebutuhan Avarage Acces Time untuk 8 track stereo adalah maksimal 20 ms

Memang banyak produsen hard disk yang tidak memberikan keterangan tentang Average Access Time pada produknya. Untuk kondisi demikian, parameter-parameter lain yang dapat dijadikan sebagai acuan adalah sbb:

Average Seek Time.
Ukuran ini harus memiliki jumlah serendah mungkin.Untuk 8 track stereo yang memiliki sampling rate 44.1 kHz, maksimal Average Seek Time hard disk yang dibutuhkan adalah 9 ms.

Rotation Speed atau kadang disebut sebagai Rotation Latency.
Spesifikasi kecepatan ini harus memiliki ukuran setinggi mungkin, sehingga secara otomatis akan membuat spesifikasi Rotation Latency menjadi sekecil mungkin Untuk 8 track stereo, rotation speed hard disk yang dibutuhkan adalah diatas 5400rpm, atau sama dengan kecepatan rotation latency dibawah 5.6 ms

Data Transfer Rate.
Spesifikasi ini harus memiliki ukuran setinggi mungkin. Untuk 8 track stereo minimal transfer rate hard disk yang dibutuhkan adalah 5 Mbytes/second.

Beberapa pertimbangan lain dalam pemilihan hard disk untuk komputer komputer digital recording adalah:
  • Pastikan bahwa hard disk tidak memiliki fasilitas “thermal recalibration” yang dijalankan secara otomatis. Atau paling tidak, hard disk yang memiliki fasilitas tersebut namun hanya mengaktifkannya pada saat tidak beroperasi. Fasilitas thermal recalibration merupakan kemampuan hard disk untuk menyesuaikan diri pada saat komponen tersebut berada dalam kondisi panas.
  • Pilihlah hard disk dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Untuk setiap satu menit track audio 16 bit 44,1 kHz mono, akan menghabiskan ruang kosong di hard disk sebesar 5 mbytes. Hal ini berarti bahwa 8 track audio 16 bit 44,1 kHz stereo, dengan durasi 3 menit, akan menghabiskan kapasitas hard disk sebanyak 5 (mbytes) X 8 (track) X 2 (stereo) X 3 (durasi) = 240 mbytes
  • Gunakan hard disk lebih dari satu, agar file-file audio dapat dipisahkan dari sistem operasi, program aplikasi serta dokumen-dokumen lainnya.
  • Hard disk SATA yang memiliki kecepatan 7200 atau10000 rpm cukup baik digunakan untuk audio, namun dengan syarat motherboard yang digunakan memiliki controller SATA dengan kualitas yang baik dan tidak berbagi bandwith dengan PCI bus. Kebanyakan motherboard memiliki controller SATA yang telah terintegrasi kedalam chipset Southbridge, yang secara otomatis membuat hard disk SATA berbagi bandwith PCI Bus dengan komponen lain di komputer misalnya USB.


Andrian Roult

Artikel terkait