2/17/10

3 jenis driver sound card : MME, WDM dan ASIO


Semua sound card memiliki driver masing-masing dengan versi yang terbagi atas tiga jenis yaitu jenis driver mme, wdm dan asio. Jenis - jenis driver sound card tersebut menjadi salah satu penentu tingkat latency yang dimiliki oleh sound card pada saat proses perekaman suara. Definisi latency sendiri adalah kecepatan respon dari sebuah sound card dalam mengkonversi suara analog menjadi biner. Semakin rendah tingkat latency dari sebuah sound card, berarti pula semakin cepat respon sound card tersebut pada saat merekam suara.


Jenis driver sound card MME (Multi Media Extension)

Jenis driver sound card mme merupakan driver untuk audio dan multimedia software yang dikembangkan sejak Windows 3.0 hingga Windows ME. Jenis driver sound card mme ini terbilang versi lama dan memiliki tingkat latency yang tinggi dan tidak didukung oleh operating system baru seperti Windows 2000, XP maupun Vista


Jenis driver sound card WDM (Windows Driver Model)

Jenis driver sound card wdm adalah pengembangan dari jenis driver sound card mme. Driver versi ini memiliki tingkat latency yang rendah, karena dapat berkomunikasi langsung dengan sound card ataupun digital audio software tanpa melalui audio streaming software yang dimiliki oleh operating system. Hingga saat ini jenis driver sound card wdm menjadi driver standar sound card terbaru, dan penggunaannya didukung oleh Windows 98 SE, ME, 2000, XP maupun Vista.


Jenis driver sound card ASIO

Dari ketiga versi driver, jenis driver sound card asio yang dikembangkan oleh Steinberg Media Technologies merupakan jenis driver sound card yang memiliki tingkat latency yang paling rendah. Hal ini membuat driver asio tersebut menjadi driver standard yang digunakan oleh sound card professional.

Andrian Roult

Artikel terkait