Protected by Copyscape Plagiarism Checker

2/29/12

Membuat efek vocal robot ala cinta satu malam Melinda dengan Autotune

Beberapa hari yang lalu, saya mengantarkan istri membeli susu untuk Vallerie putri kami, di sebuah mini market di Bandung. Pada saat itu telinga kami “dipaksa” untuk mendengarkan lagu-lagu penyanyi dangdut Melinda yang secara berulang-ulang dan diputar keras-keras oleh mini market tersebut hampir sepanjang waktu kami berada disana, hingga secara tidak sadar saya dan Vallerie ikut menyanyikan refrain dari lagu tersebut :) .

Sebenarnya bukan kali itu saja saya mendengarkan lagu cinta satu malam ataupun ada bayangmu, namun entah mengapa baru kali itu saya tergelitik untuk membahas efek vocal robot yang digunakan (yang menurut saya sedikit berlebihan, maaf :)) pada kedua lagu tersebut, dan merupakan efek vocal yang hampir sama dengan sebuah lagu berjudul online yang secara kebetulan saya dengar pula sebelumnya ditempat parkir.

Efek vocal robot ala cinta satu malam sebenarnya bukan hal yang baru, dan sebelumnya saya pikir telah habis masa “keemasannya” pada era 90-an, ketika cher menyanyikan lagu “believe”. Namun pada kenyataannya, di Indonesia, entah siapa yang memulai, sejak beberapa tahun lalu kita dibombardir dengan lagu-lagu berefek vocal robot tersebut, mulai dari pop, R n B, dangdut hingga lagu-lagu boyband . Bahkan belakangan, saya mendengar sebuah lagu pop sunda yang juga menggunakan efek vocal robot ala cinta satu malam atau online tersebut (juga secara berlebihan, maaf :)), sehingga (menurut saya ) membuat sisi tradisional dari lagu tersebut hilang sama sekali, meskipun di satu pihak saya sangat mengapresiasi niat musisi yang membuatnya untuk memodernisasi lagu tradisional agar dapat diterima oleh kalangan muda.

Kembali ke masalah mini market tadi :), sepulang ke rumah, dengan penasaran saya mencoba untuk mempraktekkan efek vocal robot ala cinta satu malam Melinda tersebut dengan kumpulan plugins yang tersedia di laptop saya, karena menurut keyakinan saya, ketika lagu-lagu dengan vocal dengan efek robot diproduksi massal, pastinya efek-efek vocal tersebut dibuat secara “generic” dengan menggunakan plug ins- plug ins yang mudah didapat, bukan menggunakan semacam talk box dengan harga mahal seperti yang konon digunakan cher pada lagu believe.
Setelah mencoba melakukan research dan bereksperimen dengan beberapa software, akhirnya saya menemukan kombinasi dari beberapa plug ins, yang menurut saya, memiliki kemungkinan besar digunakan sebagai kombinasi pembuat efek vocal robot ala Melinda atau ala lagu online tadi. Plug ins-plugins yang saya gunakan pada eksperimen saya adalah Antares Autotune, Equalizer, Reverb, Chorus, Delay dan Compressor. Langkah-langkah eksperimen saya adalah sbb:

Langkah 1 membuat efek vocal robot ala cinta satu malam Melinda: Merekam Vocal

Langkah pertama yang saya lakukan adalah menyanyikan sebuah bait lagu kemudian merekamnya. (saya sengaja menyanyikan hanya satu bait karena ini hanya untuk keperluan eksperimen, dan karena pada dasarnya suara saya hanya enak didengar jika menyanyi tidak lebih dari beberapa detik lol )

Langkah 2 membuat efek vocal robot ala cinta satu malam Melinda: Insert dan konfigurasikan plugins Antares Autotune

Langkah berikutnya adalah memasukkan Antares Autotune kedalam track vocal, kemudian membuat konfigurasi sbb:
  • Input Type: Alto/Tenor Voice
Tombol input type yang terletak dibagian atas interface Autotune merupakan sebuah fasilitas yang digunakan plugins untuk dapat menentukan tipe sinyal suara yang masuk kedalam tuning engine dari plugins tersebut agar proses tuning vocal menjadi akurat. Namun demi keperluan eksperimen saya, saya mengganti input type tersebut menjadi Alto/Tenor Voice, dengan harapan bahwa autotune akan terpaksa mengisi nada-nada yang “missed” pada vocal saya dengan vocal buatan (synthesized vocal)
  • Key dan Scale: C Flat Minor
Karena suara vocal saya tidak diiringi music, jadi sebenarnya tidak memiliki alasan khusus untuk memilih C Flat pada bagian Key dan memilih Minor pada bagian Scale, saya hanya menemukan bahwa kombinasi tersebut merupakan kombinasi yang sesuai dengan vocal (sebait) saya tersebut. Pada prakteknya mungkin anda harus menyesuaikan key dan scale sesuai lagu anda
  • Retune: 0
Kunci utama dari eksperimen ini adalah membuat retune secepat mungkin (dalam hal ini 0 atau fast). Dengan konfigurasi tersebut, secara teoritis, fluktuasi nada di vocal saya akan dideteksi not demi not untuk kemudian “ditarik” oleh autotune ke not terdekat yang berada dalam jangkauan scale yang telah ditentukan (dalam hal ini scale minor C flat).
Konsep utama dari digunakannya antares autotune pada eksperimen ini adalah membuat vocal saya terdengar seperti robot. Dengan demikian, jika anda ingin mempraktekkannya di studio anda, maka anda mungkin harus menyesuaikan input type, key dan scale sesuai lagu ataupun microphone yang anda gunakan, serta karakter vocal robot yang ingin anda hasilkan.

Langkah 3 membuat efek vocal robot ala cinta satu malam Melinda: Insert plugins Equalizer

Langkah ketiga adalah memasukkan eq setelah autotune. Hal ini saya lakukan untuk membuat suara buatan yang dihasilkan autotune terdengar lebih jelas. Dengan EQ, saya mengangkat semua frequency diatas 2,5 kHz hingga 300%- 400% dari sebelumnya. Jika anda merekam vocal dengan microphone sensitive, maka pengangkatan sinyal diatas 2,5 kHz secara ekstrim mungkin membuat vocal menjadi terlalu “bright”, dengan demikian anda harus menyesuaikannya lagi sesuai kebutuhan

Langkah 4 membuat efek vocal robot ala cinta satu malam Melinda : Insert plugins Reverb

Langkah berikutnya adalah menambahkan reverb. Pada track vocal saya, saya hanya menambahkan reverb seperlunya, hanya untuk memberikan efek ruangan. Konfigurasi reverb ini akan sangat bergantung akan tipe dan beat lagu, dengan demikian anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan anda

Langkah 5 : Insert plugins Chorus

Efek ini mungkin tidak digunakan oleh sound engineer yang memixing vocal cinta satu malam, atau ada bayangmu yang dinyanyikan melinda, namun pada eksperimen saya, chorus akan membuat vocal robot memiliki kedalaman yang cukup enak didengar. Konfigurasi chorus (saya menggunakan fruity chorus) yang saya lakukan adalah sbb: chorus= 2.15 ms, depth= 1.8, stereo =28 degrees, LFO1= 0 Hz, LFO2=2 .4 Hz, LFO3= 0 Hz, LFO wave = sin, cross cutoff=469 Hz

Langkah 6 membuat efek vocal robot ala cinta satu malam Melinda: Insert plugins Delay

Pada langkah ini saya memasukkan plugins delay seperlunya hanya untuk memberi atmofsir bagi reverb yang telah dimasukkan sebelumnya. Anda harus bereksperimen dengan wet/dry dari plugins tersebut untuk mendapatkan suara sesuai yang diinginkan

Langkah 7 membuat efek vocal robot ala cinta satu malam Melinda: Insert plugins Compressor

Langkah terakhir adalah memasukkan compressor dan mengkonfigurasikan seperlunya agar vocal robot memiliki sinyal yang konsisten

Kesimpulan :
Pada eksperimen saya, konfigurasi pada plugins antares autotune, equalizer, reverb, chorus, delay, dan compressor, telah dapat menghasilkan karakter suara robot ala cinta satu malam, ada bayangmu melinda. online dll. Namun untuk keperluan anda, anda mungkin harus sedikit memberikan penyesuaian disana sini tergantung efek vocal robot yang ingin anda hasilkan.

Note:
Secara pribadi, terus terang saya sendiri tidak begitu suka dengan penggunaannya secara berlebihan. Saya pribadi lebih suka jika penggunaan efek vocal robot hanya pada bagian-bagian tertentu dari sebuah lagu dan diolah sedemikian rupa untuk tidak terlalu seperti robot, seperti misalnya penggunaan efek vocal Adam Levine pada lagu move like jagger atau paling tidak seperti vocal Avril Lavigne pada lagu complicated. But that’s just me :)


Happy robotic mixing,
andrian roult



Artikel terkait