2/20/10

Tips memilih motherboard untuk komputer digital audio recording


Motherboard merupakan bagian penting dari komputer digital recording, setelah soundcard. Fungsinya yang menjadi tempat koordinasi komponen-komponen lain di dalam komputer (mulai dari processor hingga VGA card), membuat komponen utama tersebut menjadi faktor penentu kecepatan dan kestabilan sebuah komputer digital recording, juga seberapa jauh komputer digital recording tersebut dapat di upgrade. Pemilihan merk motherboard ternama seperti INTEL, ABIT, ASUS, MSI ataupun yang sekelas, bagaimanapun akan berpengaruh pada performa komputer digital audio recording secara umum.

Sejauh ini, chipset motherboard yang dibuat AMD atau INTEL adalah chipset yang paling baik digunakan untuk komputer digital recording berbasis PC. Chipset yang memiliki harga relatif lebih murah seperti chipset SIS, VIA ataupun ALI dll, cenderung akan mengakibatkan masalah pada tahap-tahap tertentu dari pengolahan digital audio.Pada kesimpulannya, untuk performa dan kestabilan yang dapat diandalkan, sebaiknya motherboard komputer digital recording menggunakan produk chipset yang dikeluarkan oleh produsen yang sama dengan prosesor yang digunakannya.

Point-point yang harus menjadi pertimbangan dari pemilihan motherboard bagi komputer digital recording, adalah:
  • Jika anda menggunakan processor Intel, gunakan pula motherboard berbasis Intel. Sebuah processor Intel yang dipasang di motherboard yang memiliki chipset yang sama, dapat lebih mudah menjalankan sistem tanpa terjadi masalah
  • Jika anda menggunakan processor AMD, maka gunakan motherboard dengan chipset AMD. N-vidia, yang merupakan chipset motherboard terbaru untuk processor AMD, sampai saat ini masih mengakibatkan sedikit masalah, walaupun relatif mudah diatasi.
  • Hindari pemilihan motherboard dengan chipset VIA, khususnya jika sound card anda menggunakan chip DREAM atau Motorolla. Motherboard dengan chipset VIA (begitu juga dengan SIS ataupun ALI ) memiliki PCI Bus dengan kualitas rendah dibanding motherboard dengan chipset INTEL maupun AMD. Sebuah komputer digital audio recording harus memiliki kemampuan untuk mentransfer data yang berjumlah besar dari sound card ke hard disk, dan proses ini dilakukan melalui PCI bus di motherboard. Jika pada saat pentransferan PCI bus mengalami error dan menghilangkan sebagian kecil data, maka data yang hilang tersebut akan kita dengar sebagai sebuah suara “clicks” atau “pop”.
  • Sejumlah masalah sering juga terjadi pada chipset VIA 6836b dan beberapa seri lainnya. Chipset southbridge yang sebenarnya dimaksudkan untuk transfer data, seringkali membuat data mengalami kerusakan ketika mencapai hard disk. Kerusakan ini memiliki pengaruh sama buruknya dengan data yang hilang yang disebabkan oleh kualitas PCI Bus tadi.
  • Motherboard- motherboard merk china memiliki harga yang sangat rasional, namun sebaiknya anda hindari jika anda serius akan membuat studio rekaman digital.

Andrian Roult

Artikel terkait