3/13/10

Mengoptimalkan Windows XP untuk digital recording (bag V )


Scan Disk dan Disk Defragmenter

Banyak hal yang menjadi keuntungan jika anda secara rutin melakukan scan disk dan disk defragmenter pada hard disk anda. Untuk melakukannya, anda tinggal membuka Windows Explorer ataupun My Computer, kemudian klik kanan pada hard disk yang akan anda scan/defrag lalu klik Properties untuk menampilkan kotak dialog hard disk properties. Pada kotak dialog tersebut klik tabulasi Tools

Untuk melakukan Scan disk:
  • Klik tombol Check now, pada kotak Error Checking,
  • Berikan checklist pada kedua kotak opsi yang ada
  • Klik tombol Start, dan tunggu sampai proses selesai
  • Untuk melakukan Defragment
  • Klik tombol Defragment now pada kotak Defragmentation
  • Highlight drive yang akan anda defrag
  • Klik tombol Defragment
  • Tunggu sampai proses selesai

Background Program

Jika anda memiliki software-software yang berjalan di background seperti anti virus, system monitor, disk monitor, system checker dan sebagainya, maka non aktifkan terlebih dahulu program-program tersebut sebelum anda mulai mengaktifkan software digital audio. Hal tersebut sangat penting untuk membuat processor dan RAM dapat bekerja secara optimal tanpa berbagi tenaga dengan program selain program digital audio.


Uninstall Software

Memiliki komputer dengan banyak software yang tidak terlalu penting, bukan saja membuat kapasitas hard disk menjadi semakin penuh, namun juga membuat performa komputer semakin menurun. Jika anda akan memfokuskan diri pada satu hal misalnya membuat komputer anda menjadi workstation untuk grafis, video editing atau digital audio, sebaiknya anda mulai membuang software-software yang tidak berhubungan langsung dengan keperluan anda.
Windows menyediakan fasilitas Add or Remove Program yang membuat anda dapat membuang software yang tidak anda perlukan. Fasilitas ini dapat diakses melalui Control Panel. Pada kotak dialog Add or Remove Program tersebut, anda tinggal meng-klik tombol Remove pada Software yang akan di-uninstall tersebut.


Fonts

Fonts merupakan koleksi jenis-jenis huruf yang digunakan pada komputer anda. Selain fonts-fonts standard yang sudah disediakan system, aplikasi-aplikasi yang anda instalkan biasanya membawa sejumlah fonts yang akan menambah koleksi pada fonts bank di komputer anda Koleksi fonts yang terlalu banyak akan membuat performa komputer menjadi semakin lambat. Dengan demikian, menghapus sebagian fonts yang tidak anda perlukan adalah langkah yang dapat dilakukan untuk menambah performa komputer secara keseluruhan, terutama pada saat booting.
Untuk melakukannya, anda tinggal membuka folder Fonts di Control Panel dan menghapus sebagian fonts yang tidak pernah anda gunakan.


Andrian Roult

Artikel terkait