10/20/11

Tips upgrade sistem operasi windows xp ke windows 7 di studio rekaman digital

Jika anda menggunakan PC dengan operating system windows xp di studio rekaman digital anda, saya rasa cepat atau lambat anda akan menghadapi pertanyaan terkait sistem operasi yang anda gunakan tersebut, yaitu: apakah anda akan tetap mempertahankan operating system Microsoft windows xp, ataukah sudah waktunya untuk melakukan upgrade sistem operasi ke operating system Microsoft windows 7 ?. Seberapa besar masalah yang mungkin terjadi, serta apa keuntungan dan kerugiannya jika upgrade dilakukan ?. Pertanyaan-pertanyaan seperti itulah, yang beberapa hari yang lalu mendasari keputusan dari salah seorang teman saya untuk meminta (setengah memaksa :)) saya melakukan upgrade pada sistem operasi di studio rekaman digital miliknya.


Setelah saya (pada akhirnya dapat keluar ruangan studio dengan tubuh lunglai,setelah berjibaku, dan beberapa kali hampir saja membenturkan kepala ke tembok terdekat :) berurusan dengan masalah kompatibelitas hardware, software, perburuan driver terbaru, konfigurasi system, dll ) berhasil mengupgrade windows xp ke windows 7, saya merasa perlu menulis sebuah catatan kecil dan berbagi pengalaman mengenai sistem operasi windows ini, yang paling tidak, bisa anda jadikan wacana atau sekedar tips sebelum anda melakukan upgrade atau menentukan versi dari windows operating system yang akan digunakan di studio rekaman digital anda.

Berikut adalah catatan kecil saya:


Apakah sistem operasi studio rekaman digital memang lebih baik jika menggunakan operating system Microsoft windows 7?

Sejak direlease secara resmi, operating system Microsoft Windows 7 digadang-gadang merupakan sistem operasi produksi Microsoft yang paling stabil, handal, cepat, dan sangat mendukung multi media. Dengan demikian, menurut saya jawaban dari pertanyaan diatas adalah : ya . Terutama jika PC anda adalah PC keluaran terbaru saat ini yang juga dilengkapi dengan driver-driver terkait, serta kumpulan software-software untuk keperluan digital audio recording, mixing, dan mastering yang telah di labeli “Microsoft Windows 7 compatible”.

Namun, jika selama ini anda memiliki studio rekaman digital yang menggunakan PC dengan operating system windows xp yang telah anda beli beberapa tahun kebelakang, maka anda harus merubah pertanyaan dari “apakah sistem operasi harus diupgrade ?”, menjadi “siapkah studio rekaman digital anda untuk diupgrade ?”. Karena bagaimanapun, hal tersebut nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kemudahan dari proses upgrade yang anda lakukan.

Siapkah studio rekaman digital anda untuk diupgrade ke windows 7

Proses upgrade windows xp ke windows 7 sendiri sebenarnya tidaklah terlalu sulit, namun tidak semudah membalikkan tangan (juga tidak dapat dipermudah dengan membenturkan kepala ke tembok :)). Permasalahan utama dari windows 7 ini “hanyalah” permasalahan kompatibelitas, baik terhadap hardware maupun software. Faktanya, hingga saat ini masih banyak produsen-produsen hardware yang hanya sekedar memiliki niat untuk mengupdate drivernya ke windows 7, namun masih belum dapat terlaksana (dan sayangnya pada kasus ini, istilah “yang-penting-kan-niatnya”, sama sekali tidak menyelesaikan masalah :)).
Dengan demikian, sebelum melakukan upgrade sebaiknya anda benar-benar memastikan bahwa driver hardware PC anda, terutama motherboard dan sound card, mendukung Microsoft windows 7. Meskipun pada beberapa kasus, tidak dipasangnya driver yang mendukung platform Microsoft windows 7 tidak membuat hardware-hardware tersebut serta merta tidak berfungsi, namun tetap saja akan menimbulkan banyak anomali pada saat proses rekaman atau mixing nantinya.

Satu hal lyang juga harus diperhatikan adalah ketersediaan driver yang mendukung system operasi Microsoft windows 7 untuk USB MIDI controller ataupun USB MIDI devices lain yang biasa anda gunakan (terlebih jika anda adalah musisi yang sangat loyal dengan sebuah jenis MIDI device yang menurut anda antik, yang bahkan produsennya sudah lupa bahwa mereka pernah membuat device tersebut :)). Berdasarkan pengalaman saya, banyak merk, bahkan beberapa merk terkenal dari MIDI Device, yang ternyata tidak menyediakan update driver untuk windows 7.

Dari sisi software digital audio recording, andapun harus memastikan bahwa software-software pengolah digital audio yang biasa digunakan telah memiliki kompatibelitas dengan windows 7. Beberapa produsen digital audio software memang telah mengeluarkan versi-versi terbaru dari produknya yang telah mendukung windows 7, misalnya saja Steinberg Cubase 5.1, Sonar 8.5, Nuendo 4, FL Studio 10, dll , Namun demikian, yang harus tetap anda pertimbangkan adalah jenis-jenis plug-ins 3rd party yang biasa anda gunakan. Sayangnya tidak semua plugins, baik VST maupun DirectX, dll, yang telah kompatibel dengan windows 7. Sebagian plug-ins 3rd party bahkan sama sekali tidak bekerja, sementara yang lainnya bekerja, namun dengan tidak optimal, ataupun memiliki masalah-masalah yang sebelumnya tidak pernah terjadi, seperti latency, drop out, dll.


Kesimpulan

Pada dasarnya sistem operasi Microsoft windows 7 merupakan sistem operasi yang cukup handal untuk digunakan pada studio rekaman digital ataupun untuk keperluan lainnya. Windows 7 dapat melakukan booting maupun shutdown relatif lebih cepat ketimbang windows xp ataupun vista. Semua hal yang berkaitan dengan proses-proses pembacaan data dari hard disk, pengaturan file maupun penyimpanan data berjumlah besar kedalam hard disk juga dilakukan dengan lebih cepat Program-program yang biasanya memerlukan waktu satu menit untuk loading, akan terbuka dalam beberapa detik saja, manajemen file dan folder pun dapat anda lakukan dengan berbagai macam cara, untuk lebih mempermudah akses. Dan salah satu tambahan di sistem operasi windows 7 yang juga menjadi hal signifikan adalah Windows Media player terbaru. Software tersebut telah dapat menampilkan siaran TV, jika anda memiliki TV Tuner, serta memungkinkan anda untuk mengatur koleksi sample-sample yang anda miliki dengan mudah. Dan berdasarkan kemampuannya tersebut, menurut saya, Windows 7 akan menjadi salah satu sistem operasi favorit yang digunakan oleh studio-studio rekaman digital berbasis PC IBM compatible. Jadi tidak ada salahnya jika anda para pengguna windows xp, mulai memikirkan untuk mengupgrade operating system anda tersebut ke windows 7.

Namun sebelum anda melakukan itu, buatlah daftar dari hardware dan software yang anda miliki, kemudian carilah informasi tentang apakah semua hardware dan software, ditambah plug ins favorit yang biasa anda “andalkan” telah memiliki update, atau bahkan telah dibuat kompatibel dengan windows 7. Jika anda tidak menemukan keterangan yang benar-benar mengatakan secara spesifik bahwa hardware maupun software tersebut Windows 7 Compatible, kemungkinan yang akan terjadi adalah, hardware atau software tersebut tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak dapat dijalankan sama sekali. Terkadang memang beberapa driver yang sebenarnya dibuat untuk windows vista, dapat digunakan di windows 7, namun hal tersebut menurut saya sangatlah riskan.

Berdasarkan daftar yang anda buat tersebut diataslah nantinya anda akan dapat menentukan kesiapan studio anda, dan layak tidaknya windows 7 menggantikan windows xp anda. Bisa saja pada akhirnya studio rekaman anda dapat menggunakan windows 7 namun dengan mengorbankan MIDI Controller yang selama ini anda gunakan, atau mempensiunkan beberapa MIDI device “klasik” yang sebelumnya menjadi favorit anda, atau tidak lagi menggunakan plug ins yang sebelumnya menjadi “andalan” anda, dst, dan pada akhirnya memaksa anda untuk berinvestasi lagi agar dapat menggantikan fungsi-fungsi dari tools-tools tersebut.

Satu hal lagi yang juga layak dipertimbangkan ialah kondisi yang sedikit berbeda pada saat mengupgrade windows 7 dari vista dan xp. Jika pada saat mengupgrade ke windows 7 dari windows vista, anda dapat langsung “menimpakan” windows 7 tersebut kedalamnya, pada proses upgrade dari windows xp, windows 7 memerlukan proses “clean install”. Hal ini berarti anda harus menghapus terlebih dahulu windows xp dan semua program didalamnya, baru kemudian menginstallkan windows 7, serta menginstall ulang program-program yang biasa anda gunakan. So, just think it over :)

Happy Upgrading,
Andrian Roult

Artikel terkait