3/13/10

Mengoptimalkan Windows XP untuk digital recording (bag I )


Sebelum anda mulai menginstal dan menggunakan software-software digital audio pada komputer, sebaiknya sistem operasi Windows XP anda terlebih dahulu dikonfigurasikan dan dioptimalisasi sehingga proses pengolahan ataupun perekaman data dapat berjalan lancar. Bebarapa konfigurasi yang dapat anda lakukan untuk optimalisasi sistem operasi adalah sebagai berikut:

Background Services

Pengolahan driver ASIO, effect DirectX dan VST merupakan pekerjaan processor yang dilakukan di background atau biasa disebut dengan background tasks. Jika anda memberikan instruksi pada processor agar menangani lebih banyak background tasks tersebut, maka pengolahan elemen-elemen diatas akan mendapatkan prioritas yang lebih tinggi daripada pengolahan animasi-animasi grafis dari sistem operasi, seperti pop-up menu, pop up windows ataupun pekerjaan-pekerjaan yang tidak penting lainnya. Hal ini akan dapat mereduksi tingkat latency, dan meningkatkan kemampuan pemrosesan data audio secara real-time.
Untuk membuat processor memprioritaskan background tasks, anda harus mengaktifkan fasilitas Background Service pada sistem operasi dengan cara:
  • Klik menu Start
  • Klik kanan pada icon My Computer
  • Klik Properties untuk menampilkan kotak dialog System Properties
  • Klik tabulasi Advanced
  • Klik tombol setting pada bagian Performance untuk menampilkan kotak dialog Performance Options
  • Klik tabulasi Advanced dan rubah opsi Processor Scheduling ke Background Service, kemudian klik OK

Transition effects.


Transition effects adalah efek-efek animasi yang diperlihatkan Windows ketika anda membuka sebuah program, berpindah dari sebuah aplikasi ke aplikasi lain, ataupun menampilkan pop-up menu. Efek-efek yang cantik yang tidak penting tersebut akan menambah pekerjaan ekstra bagi processor dan RAM pada saat merekam ataupun mengolah data. Dengan demikian agar processor dan RAM dapat bekerja secara optimal, maka anda harus menon-aktifkan fitur Transition effects dengan cara:
  • Klik kanan di sembarang tempat pada desktop anda, kemudian klik Properties
  • Klik tabulasi Appearance, kemudian klik tombol Effects
  • Non aktifkan semua tombol yang ada didalamnya, karena semua fasilitas tersebut akan mengambil tenaga ekstra dari processor dan RAM, kemudian klik OK.
Setelah selesai dengan menon-aktifkan effects, langkah berikutnya adalah membuka kembali kedalam kotak dialog Performance Options kemudian klik opsi Adjust for best performance. Jika anda masih menginginkan desktop anda menggunakan style Windows XP, klik pada kotak disebelah tulisan Use visual styles on windows and buttons, kemudian klik OK.


Automatic update

Fasilitas Automatic update merupakan fasilitas yang disediakan Windows untuk meng-update sistem operasinya secara on-line. Jika fasilitas ini masih dalam keadaan aktif, maka fasilitas tersebut dapat keluar sewaktu-waktu dan menggangu anda ketika anda dalam proses merekam audio.
Agar anda tidak terganggu oleh fasilitas tersebut, anda harus me-non aktifkannya dengan cara menampilkan kembali kotak dialog System Properties (Start > klik kanan pada icon My Computer > Properties).
Kemudian buka checklist pada kotak disebelah tulisan Keep my computer up to date. With this setting enable…dst

(bersambung ke mengoptimalkan windows xp untuk digital recording bag II)

Artikel terkait