3/9/10

Review Cakewalk Sonar XL 8.5


Meskipun karena satu dan lain hal saya lebih banyak menggunakan nuendo untuk proses rekaman maupun mixing di studio, namun secara pribadi saya harus mengatakan bahwa cakewalk sonar xl merupakan software multitrack recording yang sangat powerfull, terutama setelah cakewalk sonar xl versi 4. Bukan cuma berdasarkan tampilan, namun fungsi, kecepatan dan feature-feature cakewalk sonar xl terus menerus mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu, cakewalk sonar xl juga merupakan sebuah aplikasi under windows yang telah teroptimasi dengan baik, sehingga komputer tidak sering mengalami crash ketika menjalankan fungsi merekam, editing maupun mixing. Sejak di release-nya versi 8, menurut saya cakewalk sonar xl telah dapat menyamai bahkan melebihi software MIDI sequencer lainnya (terutama di bagian-bagian yang sangat penting misalnya hardware integration, dll).

Pada cakewalk sonar xl producer versi 8.5, salah satu hal yang membuat saya kagum adalah jumlah add ins yang sangat banyak terintegrasi kedalamnya yang merupakan keuntungan tersendiri bagi para musisi digital professional, baik pada proses pembuatan arrangement lagu ataupun mixing. Beberapa contoh add ins ini antara lain:

Session drummer 3
Session drummer merupakan add ins standar sonar untuk membuat drum pattern. Anda tinggal drag n drops file kedalamnya untuk membuat sebuah drum kit sesuai keinginan. Sonar sendiri telah menyediakan file-file drum kit yang memiliki karakter yang sangat baik (dan gratis) yang dapat anda gunakan.

Matrix View
Add ins ini dapat digunakan jika anda sering membuat musik dengan sample, sequence one shot. Cara kerjanya sedikit mirip Ableton Live, sedikit mirip Fantom’s Pad.

Roland V-Vocal
Dikarenakan Roland kiini telah memiliki saham cakewalk , maka teknologi Roland VariPhrase kini telah diintegrasikan kedalam cakewalk sonar xl. Teknologi tersebut merupakan jawaban sonar terhadap Vari Audio yang dimiliki Cubase, dan tentunya Melodyne serta Auto Tune.
Ketiga add ins diatas hanyalah sedikit contoh dari add ins yang terintegrasi kedalam sonar 8.5. Masih banyak feature lainnya yang menurut saya telah membuat cakewalk sonar xl telah dapat melebihi Cubase dan ProTools LE ( walaupun jumlah dan kehebatan feature dari sebuah aplikasi hanya merupakan sebagian penting dari banyak hal yang menentukan keseluruhan proses pembuatan, perekaman dan mixing lagu ).


Andrian Roult

Artikel terkait