3/13/10

Mengoptimalkan Windows XP untuk digital recording (bag II )


System Restore

System restore merupakan sebuah fitur windows yang berfungsi untuk memonitor perubahan-perubahan yang anda lakukan pada sistem, sehingga membuat anda dapat mengembalikannya ke posisi semula jika terjadi masalah. Namun selain memakan kapasitas hard disk yang cukup besar, proses back up yang dilakukan fitur ini terkadang terjadi pada waktu yang tidak tepat sehingga menggangu proses perekaman digital audio.
Untuk me-non aktifkan fitur tersebut, anda harus membuka kembali kotak dialog System Properties, kemudian klik tabulasi System Restore dan berikan checklist pada kotak bertuliskan Turn off System Restore on All Drive. Setelah itu klik OK dan jawab Yes pada pertanyaan apakah anda ingin mematikan System Restore.


Write Caching


Secara default, Windows akan mengaktifkan fasilitas "write caching", yang berarti bahwa sistem tidak langsung menulis kedalam hard disk, namun menempatkan data-data pada RAM terlebih dahulu, sambil menunggu instruksi selanjutnya. Namun jika anda sedang merekam audio dengan durasi yang cukup lama, maka data rekaman akan kehabisan tempat di RAM dan terpaksa dilimpahkan kedalam hard disk Hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan sebagian data yang direkam ataupun ketidaksempurnaan data hasil rekaman.
Untuk me-non aktifkan fasilitas tersebut, hal yang harus anda lakukan adalah:
  • Klik menu Start, kemudian klik kanan pada icon My Computer dan klik Properties untuk menampilkan kotak dialog System Properties
  • Klik tabulasi Hardware, kemudian klik tombol Device Manager
  • Klik tanda + disebelah Disk Drive untuk menampilkan hard disk anda
  • Klik kanan pada nama hard disk recording anda, kemudian klik Properties
  • Pada kotak dialog properties dari hard disk anda, klik tabulasi Policies kemudian buka checklist pada kotak Enable Disk Write Caching

Power Management

Pada konfigurasi standar, Windows akan mematikan power hard disk anda jika anda tidak melakukan aktifitas pada komputer pada jangka waktu tertentu. Fitur ini dapat menyebabkan melambatnya performa hard disk ketika hard disk tersebut “dibangunkan”. Keterlambatan tersebut akan terasa sangat berpengaruh jika anda membiarkan komputer menyala tanpa aktifitas apapun, dalam jangka waktu cukup lama. Untuk menon-aktifkan fasilitas tersebut, yang harus anda lakukan adalah:

Klik Start > Control Panel > Power Management > Power Options> Home/office desk > Turn off hard disks > Never.


Non Aktifkan Fast-User Switching

Pada sistem opeasi Windows XP yang memiliki konsep multi user, fitur fast user switching membuat para pengguna yang telah terdaftar sebagai user di komputer anda dapat log-in dan log-out secara cepat. Hal tersebut akan sangat membantu ke-efektifan pada penggunaan komputer secara bersama, namun memakan kapasitas memori yang cukup besar sehingga RAM anda akan terisi data-data yang tidak penting bagi proses pengolahan audio.
Untuk menon aktifkan fitur tersebut, langkah yang harus anda lakukan adalah:
  • Buka aplikasi Control Panel, kemudian masuk ke menu User Account
  • Klik pada menu Change the way users log on or off
  • Buka checklist pada kotak Use Fast User Switching
  • Klik tombol Apply Option
(bersambung ke mengoptimalkan windows xp untuk digital recording bag III)

Artikel terkait