3/13/10

Mengoptimalkan Windows XP untuk digital recording (bag III )


Non Aktifkan Screen Saver

Walaupun sekilas tampak menarik, banyak tipe screen saver yang membuat monitor dan processor bekerja ekstra, sehingga menggangu pekerjaan yang sedang dilakukan. Misalkan ketika anda sedang melakukan proses maintenance rutin seperti pendeteksian virus, scan disk, disk defragment, ataupun merekam audio, screen saver akan mengambil sebagian tenaga processor dan RAM sehingga proses tersebut terinterupsi dan terkadang membuat sistem mengalami crash.

Untuk menon aktifkan screen saver, yang harus anda lakukan adalah:
  • Klik kanan pada Desktop anda kemudian pilih Prroperties untuk menampilkan kotak dialog Display Properties
  • Klik tabulasi Screen saver, dan pilih None pada kotak Screen saver
  • Klik OK

System Sounds dan Desktop Schemes

Fitur desktop themes, animated cursor dan system sounds merupakan fitur-fitur yang disediakan Microsoft dengan maksud agar sistem anda terlihat lebih cantik, namun akan mengambil sebagian tenaga processor dan memori. Dengan demikian, anda harus menon-aktifkan semua fitur-fitur yang tidak penting tersebut pada saat merekam dan mengolah audio, agar processor dan RAM tidak memproses hal-hal yang penting

Untuk menon aktifkan Sound Schemes:
  • Klik kanan pada icon Speaker di kanan taskbar anda., kemudian pilih Adjust audio properties untuk menampilkan kotak dialog Sound and Audio Devices Properties
  • Klik tabulasi Sounds dan pilih None pada kotak Sounds Scheme. Kemudian klik OK
  • Untuk menon aktifkan Pointer Scheme
  • Klik menu Mouse pada Control Panel untuk menampilkan kotak dialog Mouse Properties, kemudian klik tabulasi Pointer
  • Pilih None pada kotak Scheme, kemudian OK

Program Anti Virus

Meskipun memiliki program Anti Virus merupakan hal yang penting bagi sistem anda, namun jangan biarkan program tersebut aktif ketika anda sedang merekam ataupun mengolah data audio. Hal ini dikarenakan bahwa program tersebut memonitor dan mencegah virus secara real time dengan cara menempatkan dirinya di dalam RAM selama sistem berjalan, dengan demikian berarti mengambil sebagian kapasitas RAM yang anda butuhkan saat proses pengolahan data audio.


Free Disk Space

Jika sisa kapasitas hard disk anda memiliki jumlah dibawah 10%, maka performa komputer anda akan terasa sangat lambat. Untuk mengetahui jumlah dari sisa kapasitas hard disk yang tersedia, anda tinggal mengakses My Computer dari menu Start, kemudian meletakkan pointer mouse diatas drive yang anda maksud.
Jika free space berjumlah kurang dari 10% total kapasitas drive tersebut, maka anda perlu menghapus file-file yang sudah tidak diperlukan (hati-hati dengan langkah ini, karena anda bisa saja secara tidak sengaja menghapus file yang penting).

(bersambung ke mengoptimalkan windows xp untuk digital recording bag IV)

Artikel terkait